Perjalanan 15 Tahun Toyota Fortuner Yang Melegenda

Mobil suv cukup popular di indonesia. bisa dijadikan mobil keluarga yang nyaman dengan desain yang lebih sporty dibandingkan mobil MPV. Toyota memiliki mobil suv yang sangat laris di pasaran. yaitu mobil fortuner. Mobil ini mulai masuk di indonesia sekitar tahun 2005 dan langsung laris di pasaran. sekarang mobil suv sudah mengalami banyak perubahan dan semakin canggih. Mari kita lihat perjalanan 15 tahun mobil suv dari toyota yang melegenda ini.

Pertama Masuk di Indonesia

Pertama kali diproduksi dengan platform global yaitu internasional multi purpose vehicle (IMV). Platform tersebut merupakan platform buatan toyota kijang innova dan hilux vigo. Saat masuk indonesia memiliki body yang besar atau completely built up dan diimpor langsung dari thailand. Dibekali dengan mesin bensin 2TR-FE dan memiliki dua varian yaitu 2,7 V dan 2,7 G dengan tenaga 161 hp.

Fortuner Tahun 2007

Di tahun 2007, partisi mobil sudah mulai masuk di pabrik toyota indonesia dan dirakit langsung di indonesia. kandungan komponen yang dirakit sudah mencapai 45 persen. Ada pergantian mesin yang digunakan yaitu mesin diesel 2KD-FTV 2.5G menggunakan transmisi manual. Mesin yang digunakan sama dengan kijang innova diesel, menggunakan sistem common rail.

Fortuner Tahun 2009

Di tahun 2009, toyota mulai membuat mobil suv ini dengan pilihan transmisi otomatis. Sehingga pengguna bisa memilih transmisi yang diinginkan. Lalu di tahun 2010, pabrikan toyota di kota bangkok tutup. Kemudian pabrikan toyota indonesia mulai membuat mobil ini secara lokal. Namun hanya untuk  tipe mesin bensin. Untuk tipe mesin diesel masih dibuat oleh pabrikan thailand. Varian mesin diesel sangat diminati di pasaran karena tenaganya sangat bagus. Digunakan di medan jalan pegunungan sangat nyaman.

Fortuner Tahun 2012

Di tahun 2012, toyota belum mengeluarkan generasi kedua. Namun hanya mengeluarkan toyota fortuner facelift. Toyota mencoba melakukan penyegaran diberbagai sektor, sehingga mobil semakin nyaman dan aman dikendarai. Untuk mesin diesel diperbaharui dengan adanya teknologi turbocharger. Pada mesinnya ditambah variable geometru turbocharher (VNT), sehingga mesinnya lebih tangguh. Selain itu tampilannya juga lebih modern. Dan mengenalkan versi TRD sportivo dengan desain yang lebih sporty.

Fortuner Tahun 2016

Generasi terbaru dengan status all new, baru diluncurkan pada tahun 2016. Generasi kedua ini memiliki desain yang cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Desainya dipermak habis-habisan oleh toyota. Mulai dari desain eksterior, desain interior, mesin hingga fitur didalamnya. Perubahan yang terlihat berbeda ada pada bagian  lampu utama yang  menggunakan fog lamp, lebih sipit dan terdapat grille. Dimensi body juga lebih panjang dan rendah. Bagian interior ada banyak perubahan. Jok kulit yang lebih mewah, layar kontrol lebih besar dan mesin yang semakin bertenaga. Mesinnya menggunakan 2.4L 4 silinder tenaga 147,5 hp dan torsi 400 Nm. Ada beberapa fitur canggih yang disematkan. Seperti emergency braking force disribution, electronic balance, downhill dan lainnya.

Fortuner Tahun 2020

Di pertengahan tahun 2020 yang lalu, muncul model terbaru generasi kedua. Kabarnya versi facelift ini akan hadir di tahun 2021 dengan dua versi. Yaitu versi legender dan standar. Desain bagian depan keduanya sangat berbeda. Untuk versi standar menggunakan lampu utama daytime running light (DRL) LED, bumper desain baru dan grille. Dibagian belakang tail light LED memiliki motif baru. Untuk varian legender memiliki desain depan yang berbeda. Grillenya terlihat terbagi menjadi dua bagian atas bawah. DRL LEDNya terlihat membagi lampu utama menjadi 3 dengan detail lebih kompleks.

Dibagian interiornya dibekali dengan layar infotaiment berukuran 8 inchi, dan bisa terhubung dengan android auto serta apple carplay. Mesin yang digunakan di versi 2020 ini lebih besar dan bertenaga. Yaitu torsi 500 Nm dan 201 hp. Tenaga tersebut berasal dari mesin diesel berkapasitas 2.8L turbo. Sehingga menghasilkan tenaga yang lebih powerful. Walaupun begitu penggunaan bahan bakarnya tetap irit, bahkan lebih rendah 17 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya perubahan pada sistem pendingin mesin.

Mobil fortuner terbaru ini diperkirakan akan liris di tahun 2021 dengan harga mulai 500 jutaan untuk versi standar dan 700 jutaan untuk versi legender. Anda bisa membelinya di dealer toyota astra indo terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *